Jakarta, 22 Agustus 2017 – Pasca Pilkada DKI Jakarta, banyak sekali konflik di masyarakat yang terjadi akibat huru-hara politik. Pemilihan umum maupun kepala daerah menjadi suatu hal yang dianggap negatif karena banyak praktek politik kotor yang bernaung di dalamnya. Sebut saja politik SARA, intoleransi, persekusi anak, politik uang, elitisme, klientalisme, rekam jejak yang buruk seperti kasus korupsi yang menjerat ketua partai, dan lain-lain.

Tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelaku politik Indonesiapun kian menurun. Survei Indikator Politik tahun 2015 menyebutkan bahwa DPR mendapatkan 59,2% kepercayaan publik, bahkan tahun 2016 turun jadi 48,5%. Partai politik sendiri menduduki urutan terakhir dalam mendapatkan kepercayaan publik yaitu hanya 39,2% di tahun 2016.

Dengan semangat kebaruan, PSI Jakarta ingin mengubah stigma politik yang terlanjur buruk ini agar politik menjadi dekat dan “dimiliki” oleh masyarakat. PSI Jakarta ingin menjadikan partai politik sebagai wadah aspirasi masyarakat, perpanjangan tangan masyarakat sipil, kendaraan politik bagi pemimpin bersih dan berintegritas, di mana anak-anak muda bisa ikut berkontribusi di dalamnya.

“Politik itu penting untuk membuat kebijakan yang berpihak kepada kepentingan publik. Untuk itu, kami berharap kegiatan ini bisa menjadi awal baru yang mengembalikan semangat warga Jakarta dalam berpolitik,” jelas Michael Victor Sianipar, Ketua DPW PSI DKI Jakarta.

Untuk mewujudkan lahirnya pemimpin politik yang bersih dan berintegritas, PSI Jakarta mengadakan KOPDARWIL (Kopi Darat Wilayah) 2017, sebuah agenda tahunan yang inklusif bagi anak muda untuk memberi wajah baru bagi perpolitikan Ibukota. KOPDARWIL 2017 akan dilaksanakan di Novotel Hotel  Gajah Mada, pada tanggal 26 Agustus 2017 dan terbuka bagi peserta umum. Tujuan KOPDARWIL adalah meningkatkan kapasitas anggota dan peserta umum soal politik dan cara menyelesaikan masalah sosial yang ada di Jakarta.

Anggara Wicitra, Ketua DPD PSI Jakarta Selatan selaku Ketua Pelaksana KOPDARWIL 2017, menjelaskan bahwa Kopdarwil ini juga diperuntukkan agar anak muda jangan ragu untuk terlibat aktif di politik. “KOPDARWIL PSI Jakarta merupakan sebuah wadah bagi mereka yang mau bareng-bareng bikin keren Jakarta. Karena kami tahu bahwa semakin sedikit anak muda yang enggan masuk politik — entah karena takut menjadi ‘tidak baik’ atau karena memang sudah kecewa.”

Mangusung tema “Pemuda, Politik, & Perubahan”, kader dan peserta KOPDARWIL akan disajikan talkshow serta workshop peningkatan kapabilitas yang terbagi menjadi dua sesi. Baik talkshow maupun workshop, akan disampaikan langsung oleh masyarakat sipil seperti NGO serta tokoh-tokoh dan organisasi inspiratif yang sudah banyak berkontribusi bagi pembangunan bangsa seperti: Yenny Wahid (Wahid Institute), Ade Irawan (Indonesian Corruption Watch), Yunarto Wijaya (Charta Politika), Yuniyanti Chuzaifah (Komnas Perempuan), Hasan Nasbi (Cyrus Network), Arief Aziz (Change.org), Surya Sahetapy, YCAB Foundation, Kitabisa.com, KPK, Sinergi Muda, dan lain-lain.

Kopdarwil ini juga diperuntukkan untuk mempersiapkan kader-kader PSI Jakarta menuju Pemilu dan Pileg 2019. Akan disampaikan juga Rencana Kerja PSI Jakarta 2017-2018, Pembekalan Kader lewat sesi-sesi workshop dengan narasumber ahli, serta penyamaan visi-misi PSI Jakarta. Beberapa sesi workshop yang diadakan diantaranya: Pemberantasan Korupsi, Toleransi dan Keberagaman, Political Branding, Kesenjangan Sosial, Tata Ruang Jakarta, dan lain-lain.

Sekilas Tentang Partai Solidaritas Indonesia

Partai Solidaritas Indonesia atau disingkat PSI adalah partai politik baru. Partai yang membawa identitas DNA: kebajikan dan keragaman. PSI berpijak pada kesadaran bahwa politik sejatinya adalah hal yang baik. Meski kini kata “baik” dan “politik” lebih sering bersimpang jalan, PSI hadir untuk mendekatkan kembali politik kepada kebajikan. PSI Jakarta sendiri terdiri dari muda-mudi Jakarta yang ingin mewujudkan cita-cita suci itu dimulai dari Ibukota Jakarta.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Neildeva Despendya
Public Relations,
DPW PSI DKI Jakarta
E: neildeva@psi.id
M: +62878 7820 3773