Donasi

Semua orang sepakat bahwa permasalahan terbesar Bangsa Indonesia adalah korupsi. Setiap hari ada saja pejabat yang tertangkap tangan atau terjerat kasus korupsi. Namun, semakin banyaknya kasus diungkap ternyata tidak mengurangi maraknya korupsi yang terus terjadi. Ini membuktikan bahwa ada kesalahan fundamental di dalam sistem perpolitikan dan pemerintahan Indonesia. Orang baik yang memiliki integritas sulit masuk, sedangkan orang yang moralitasnya rentan terhadap kompromi lebih banyak dan lebih mudah masuk. Bahkan, tidak sedikit orang yang berniat baik masuk ke dunia politik pun akhirnya terbawa arus juga.

Sistem tersebut harus diubah. Permasalahan korupsi ini hanya bisa dicabut hingga ke akar-akarnya jika sistem yang ada lebih terbuka terhadap politisi bersih.

PSI Jakarta meyakini bahwa salah satu akar permasalahan dari korupsi adalah pendanaan politik. Setiap langkah orang baik yang ingin masuk politik selalu terbentur realita dan pernyataan: “Bagaimana mungkin saya bisa maju, saya tidak punya modal besar?” atau “Pasangan dan anak saya mau makan apa kalau saya berhenti kerja dan berpolitik?”

Di lain sisi, politisi yang tidak memusingkan integritas akan lebih mudah memberi janji, berhutang budi, dan mendapatkan dana kampanye secara illegal. Mereka berani keluar banyak, dan tidak heran saat menjabat ada tuntutan untuk mendapatkan kembali hasil investasi tersebut.

Satu-satunya cara untuk memotong mata rantai setan ini adalah dengan melakukan patungan rakyat untuk mendukung calon baik agar bisa tetap menjaga idealisme mereka. Politisi baik harus didukung bersama, karena ini perjuangan bukan hanya dia, tetapi kita bersama. Jangan biarkan hanya mereka yang berkorban dan pasang badan, tapi rapatkan barisan kita bersama berjuang. Melalui patungan rakyat kita tingkatkan mutu demokrasi menuju perubahan berkelanjutan di Jakarta.