Diskusi Penyusunan Kebijakan Transportasi dalam RDTR-PZ bersama ITDP Indonesia

Pada hari Selasa, 23 Februari 2021 Fraksi PSI mengadakan diskusi dengan ITDP Indonesia, yang diwakili oleh Faela Sufa (ITDP Southeast Asia Director), serta Carlos Nemesis dan Deliani Siregar (Urban Planning Associate) terkait dengan masalah dan kebijakan transportasi khususnya yang berkaitan dengan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR PZ). Diskusi ini dihadiri oleh anggota dewan Fraksi PSI, Tenaga Ahli, Pengurus DPW, dan Magang DPW.

Dalam diskusi kali ini, Ibu Faela Sufa memaparkan hal penting terkait transportasi, di antaranya prinsip sistem transportasi berkelanjutan di perkotaan, sudut pandang berkeadilan dalam membangun transportasi berkelanjutan, pengembangan kota pasca pandemi, serta tren pengembangan transportasi yang harus diwaspadai.

Beliau menekankan mengenai pembangunan jalan tol dalam kota yang mematikan aktivitas ekonomi warga di sekitar pembangunan dan juga tidak begitu efektif dalam mengurai kemacetan dalam jangka waktu lama. Kebijakan-kebijakan yang ada saat ini masih bersifat sebagai solusi tunggal sehingga walaupun Jakarta sudah mempunyai Transjakarta, MRT, dan lain-lain, namun kemacetan masih tetap terjadi.

Fraksi PSI berkomitmen untuk mengawal kebijakan transportasi, khususnya transportasi umum, dalam RDTR PZ agar dapat membawa kesejahteraan dan keadilan sebesar-besarnya bagi masyarakat DKI Jakarta.

Untuk detail lebih lanjut, silahkan cek link berikut : http://bit.ly/PoinDiskusi_ITDPXFPSI

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn