Diskusi Penyusunan Kebijakan Transportasi dalam RDTR-PZ bersama Sony Sulaksono Wibowo, Ph.D.

Pada Rabu, 17 Februari 2021 Fraksi PSI mengadakan diskusi dengan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Regional Jawa Barat dan Akademisi ITB, Bapak Sony Sulaksono Wibowo terkait dengan masalah dan kebijakan transportasi khususnya yang berkaitan dengan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Donasi (RDTR PZ).

Dalam diskusi kali ini, Bapak Sony Sulaksono menyampaikan beberapa hal penting terkait kebijakan transportasi, di antaranya konsep transportasi berkelanjutan, struktur ruang dan aksebilitas, serta isu transportasi di Jabodetabek. Beliau menggarisbawahi juga bahwa kebijakan transportasi harus berkesinambungan antar periode kepemimpinan dan antar wilayah administrasi.

Beliau juga menyampaikan bahwa keberhasilan kebijakan transportasi adalah saat setiap orang dapat memiliki banyak alternatif pilihan moda transportasi. Kebijakan tata ruang harus mengarahkan perilaku masyarakat untuk memilih alternatif transportasi yang paling sedikit menggunakan ruang jalan seperti berjalan kaki dan bersepeda.

Selain itu, kebijakan tata ruang juga harus memperhatikan isu aksesbilitas, masyarakat harus senyaman dan semudah mungkin mengakses transportasi massal dari tempat tinggalnya. Pembangunan banyak moda transportasi tanpa memikirkan aksesbilitas akan menjadi sia-sia karena masyarakat tidak akan memilih menggunakan transportasi umum.

Untuk info lebih lanjut, sila cek link berikut: http://bit.ly/DiskusiTransportasiJakarta

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn