PSI Sebut Perluasan Ancol untuk Reklamasi Pulau K dan L

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI Eneng Malianasari menyampaikan rencana reklamasi perluasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) yang diizinkan oleh Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Mili, sapaan akrabnya Eneng, nantinya perluasan Ancol kurang lebih 35 hektare (ha) untuk pembangunan reklamasi Pulau L dan perlebaran kawasan Dufan kurang lebih 120 ha dibangun Pulau K.

Hal itu dikatakan Mili setelah meninjau lokasi tersebut pada Selasa (30/6) kemarin.

“Yang K itu yang Dufannya, jadi mau ada permainan baru. Jadi yang disebutin kepgub itu K sama L. K ini mau dibikin Dufan, yang di belakang Halilintar mau ditambah lagi kali ya. Kalau sekarang itu jembatan tuh, kalau nanti itu mereka (pihak Ancol) mau dibikin wahana lagi,” kata Mili saat dihubungi wartawan, Rabu (1/7). Untuk kawasan L, Mili menyebut PT Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) tidak menjelaskan secara rinci. Konsep pembangunannya akan seperti kawasan rekreasi MICE (meeting, incentive, convention, exhibition).

Ia pun menyakini, bila dibangun MICE, akan ada beberapa gedung seperti hotel dan aula ballroom.

“Dia tidak menyebutkan secara ekspilit. Tapi kan MICE mau di mana kalau bukan di hotel tidak mungkin outdoor,” ungkapnya.

Mili pun menjelaskan bahwa kawasan K dan L masih belum melakukan pengerjaan dan masih dalam tahap perencanaan. Terlebih lagi dengan adanya pandemi COVID-19.

“Jadi pembangunan ini kan belum dimulai. Jadi ya mungiin mereka juga belum mau bikin plan A plan B karena situasinya kan kayak begini,” tutupnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan izin reklamasi untuk perluasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta Utara.

Izin ini tercantum dalam surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 237 Tahun 2020. Kepgub pembangunan reklamasi itu ditekan Anies pada 24 Februari 2020 lalu.

Kepgub tersebut berisikan tentang izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dufan seluas lebih kurang 35 ha dan kawasan Taman Impian Jaya Ancol seluas lebih kurang 120 ha.

“Memberikan izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) seluas lebih kurang 35 hektare dan kawasan rekreasi Taman Impian Ancol Timur seluas lebih kurang 120 hektare,” tulis Anies dalam Kepgub itu.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn