Solidaritas Banjir Jakarta

Fraksi PSI berupaya hadir dalam masa-masa sulit ketika Jakarta dilanda banjir pada pergantian tahun 2020 yang lalu. Saat itu Fraksi PSI bersama DPW PSI Jakarta berinisiatif untuk meringankan beban warga DKI Jakarta dengan membuat program “Solidaritas Banjir Jakarta” sebagai berikut: 

  • Donasi Solidaritas Banjir Jakarta: Fraksi PSI membuka donasi untuk korban banjir di Jakarta yang akan disumbangkan untuk kebutuhan sekolah (seragam, tas, alat tulis), kebutuhan beribadah (karpet sajadah, alquran, mukena, kipas angin, sarung, sandal jepit), persediaan makanan (pengadaan dapur umum di Rawa Buaya, Jakarta Barat, makanan cepat saji), alat-alat kebersihan (alat bersih-bersih, sabun, pembersih lantai, shampoo) dan lainnya (lemari untuk posyandu, lemari untuk kantor RW dll). Saat itu total donasi yang diterima adalah Rp148.917.740,- Sedangkan total dana yang disalurkan adalah Rp104.581.170,-. Sisa dari dana solidaritas banjir ini disimpan dalam kas bencana PSI Jakarta untuk aksi dan perlengkapan tanggap bencana untuk kedepannya. 
  • Dapur  Solidaritas: Fraksi PSI menjalankan program dapur umum “Dapur Solidaritas” di Duri Kosambi, kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (2/1/20) dan di kawasan CIlincing, Jakarta Utara (3/1/20). Di GOR Cengkareng, Fraksi PSI bersama para pengurus DPW dan DPD membangun dapur umum yang digunakan untuk memproses makanan yang akan disalurkan untuk korban banjir yang mengungsi. Sedangkan di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, dilakukan penyaluran makanan dari dapur Solidaritas dengan mengunjungi rumah warga satu persatu sekaligus memantau kondisi warga. 

Aksi Bersih-Bersih Pasca Banjir: Seluruh anggota legislatif Fraksi PSI bersama pengurus DPW PSI Jakarta menggelar aksi bersih-bersih sekolah dan lokasi tempat tinggal warga lansia yang cukup parah terdampak banjir. SDN Bintaro 05 Pagi Komplek IKPN dan RW 04 Pasar Baru menjadi pilihan lokasi aksi bersih-bersih pasca banjir. Aksi bersih-bersih ini digelar selama dua hari dan berhasil mengajak sekitar 50 relawan yang berasal dari umum non pengurus/anggota Partai.