Solidaritas Mendengar: Penanganan 1 Tahun COVID-19 di DKI Jakarta

Pada Jumat, 5 Maret 2021, Fraksi PSI Jakarta telah mengadakan diskusi mengenai satu tahun Jakarta menangani pandemi COVID-19 bersama Elina Ciptadi, co-founder Kawal COVID-19, dan dr. Lies Dwi, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Diskusi ini dibuka kepada umum, dihadiri oleh anggota dewan Fraksi PSI, tenaga ahli, Pengurus DPW dan Magang DPW, serta elemen masyarakat dan wartawan.

Diskusi ini bertujuan untuk menggalang masukan konstruktif guna terus memperbaiki penanganan pandemi COVID-19, terutama merespons perkembangan baru seperti munculnya varian baru virus, proses vaksinasi, serta ancaman virus menjadi endemi.

Berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh kedua narasumber, maka Fraksi PSI berencana untuk menindaklanjutinya dengan cara:
– Mempercepat waktu tunggu hasil tes PCR menjadi 1×24 jam (waktu pengantaran hingga hasil keluar ke pasien)
– Mendorong Pemprov DKI untuk membuat produk hukum turunan KMK HK.01.07/MENKES/446/2021 untuk menjadikan swab antigen sebagai bagian dari sistem tracing dan testing yang terbuka datanya.
– Mendorong Pemprov DKI untuk membuat landasan hukum turunan Perda No 2/2020, agar ada Petunjuk Teknis Bersama antara Puskesmas Kecamatan dan Satpol PP di tingkat kelurahan/ kecamatan, sehingga petugas tracer dapat menindak warga yang menolak contract tracing.
– Mendorong Pemprov DKI membuat sistem surveilans aktif yang efektif, dengan memperlebar kategori kontak erat, hingga mencakup testing pasien tanpa gejala, penambahan dan diversifikasi petugas tracer, dan mempercepat tracing.
– Mendorong Pemprov DKI untuk membuat skema penanggungan biaya dan clinical pathway bagi pasien post covid yang terkena fenomena long covid.
– Mendorong adanya kampanye edukasi baru mengenai varian virus B117, gejala Long Covid, pandemic fatigue, serta program vaksinasi.
– Mendorong Pemprov DKI untuk membuat rencana kontijensi untuk antisipasi peningkatan kasus pada saat libur panjang dan peningkatan kasus akibat varian virus B117.

Untuk detail lebih lanjut, silahkan cek link berikut: http://bit.ly/SolmenCovid1tahun

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn