Kopdarwil 2017

[et_pb_section admin_label=”section”][et_pb_row admin_label=”row” make_fullwidth=”off” use_custom_width=”off” width_unit=”on” use_custom_gutter=”off” padding_mobile=”off” allow_player_pause=”off” parallax=”off” parallax_method=”off” make_equal=”off” parallax_1=”off” parallax_method_1=”off” column_padding_mobile=”on” custom_padding_last_edited=”on|desktop” custom_margin=”-80px|||” custom_margin_last_edited=”on|desktop” custom_margin_tablet=”-100px|||”][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_image admin_label=”Image” src=”http://jakarta.psi.id/wp-content/uploads/2017/07/Email-Header-KOPDARWIL.jpg” show_in_lightbox=”off” url_new_window=”off” use_overlay=”off” animation=”left” sticky=”off” align=”left” force_fullwidth=”off” always_center_on_mobile=”on” use_border_color=”on” border_color=”#cccccc” border_style=”solid”]

[/et_pb_image][et_pb_text admin_label=”Text” background_layout=”light” text_orientation=”left” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid”]

KOPDARWIL DPW PSI DKI JAKARTA

Sabtu, 26 Agustus 2017 • Novotel, Gajah Mada

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah sebuah partai politik baru yang memperjuangkan kebajikan dan keberagaman. Sebagai partai yang didirikan dan dijalankan oleh generasi muda dengan 40% keterwakilan perempuan, PSI berniat untuk menyiapkan wadah, mendorong, dan menyuarakan aspirasi generasi muda di dalam dunia politik dan pemerintahan. PSI Jakarta secara khusus ingin memulai budaya politik baru yang mengedepankan partisipasi publik, transparansi, dan meritokrasi, dengan mendukung politisi-politisi terbaik dan kebijakan-kebijakan publik yang memajukan kesejahteraan dan keadilan sosial di Ibukota.

[/et_pb_text][et_pb_accordion admin_label=”Accordion” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid” open_toggle_background_color=”#f4f4f4″ closed_toggle_background_color=”#ededed” icon_color=”#e50012″]

[et_pb_accordion_item title=”09:00-10:00 • Registrasi Ulang”]

[/et_pb_accordion_item][et_pb_accordion_item title=”10:00-11:30 • Talkshow: Pemuda, Politik dan Perubahan”]

Sejarah kebangkitan Indonesia selalu dimotori oleh kaum muda seperti dalam peristiwa Sumpah Pemuda, perang kemerdekaan, serta Reformasi. Namun, setiap era memiliki tantangannya masing-masing. Apakah tantangan yang dihadapi bangsa kita saat ini dan bagaimanakah pemuda dapat terlibat sebagai solusi? Seberapa jauh perpolitikan dapat menjawab tantangan tersebut dan apakah masih ada masa depan dengan perpolitikan di Indonesia? Bagaimana keterlibatan pemuda dalam politik dapat membawa perubahan yang lebih baik di Indonesia, khususnya di Jakarta?

[/et_pb_accordion_item][et_pb_accordion_item title=”11:30-12:30 • Jakarta di Mata Kami dan Yang akan Kami lakukan”]

Bagaimana kondisi Ibukota Jakarta saat ini? Bagaimana kehadiran PSI di tiap-tiap daerah di Ibukota dapat membantu membawa perubahan yang lebih baik? Sesi ini akan menampilkan tokoh-tokoh PSI Jakarta untuk berbagi apa visi dan kegiatan mereka di lingkungan sekitar mereka.

Pembicara:

  1. Michael Carlo, Ketua, DPD PSI Jakarta Pusat
  2. Ongky Raharja, Ketua, DPD PSI Jakarta Utara
  3. Maeky Robiko, Ketua, DPD PSI Kepulauan Seribu
  4. Panca Nugraha, Ketua, DPD PSI Jakarta Timur
  5. Anggara Wicitra, Ketua, DPD PSI Jakarta Selatan
  6. Farid Sofyan, Ketua, DPD PSI Jakarta Barat

[/et_pb_accordion_item][et_pb_accordion_item title=”12:30-13:30 • Makan Siang”]

[/et_pb_accordion_item][et_pb_accordion_item title=”13:30-14:15 • Workshop 1: Membangun Kapasitas “]

1. Public Speaking

Anggota PSI diharapkan paham etika dasar dalam berpenampilan dan berperilaku, serta fasih berbicara di depan umum. Melalui workshop Public Speaking kader PSI akan dapat mengasah kemampuannya merumuskan ide serta menyampaikannya secara efektif. Di dalam bermasyarakat, sebagai organisasi penggerak, maka penting bagi PSI memiliki kemampuan untuk meyakinkan publik akan nilai-nilai dan isu-isu yang PSI perjuangkan.

Pembicara
Valentino Simanjuntak, presenter Sepak Bola (TBC)

Moderator
Gaby, Ketua, DPC PSI Jatinegara

 

2. Penggalangan Dana

Pengurus PSI diharapkan dapat melihat dan menggali potensi keterlibatan masyarakat dalam berkampanye. Hal yang akan membedakan PSI dari partai lainnya yang sudah ada adalah dari komitmen PSI untuk melibatkan partisipasi public, termasuk dengan membagi “ownership” PSI dengan menjalankan crowdfunding yang akuntabel dan transparan.

Pembicara
Anthony Wonsono, Ketua, Kampanye Rakyat Ahok-Djarot 2017
Iqbal Hariadi, Managing Director, Kitabisa.com

Moderator
Panca Nugraha, Ketua, DPD PSI Jakarta Timur

 

3. Advokasi Media Sosial

Peran media sosial (medsos) semakin penting di jaman modern dengan bertambahnya pengguna smartphone di Indonesia, khususnya di Jakarta. Bagaimana PSI dapat tetap up-to-date dalam penggunaan medsos dan memanfaatkan trend ini dalam membagikan nilai-nilai PSI? Di workshop ini, peserta dapat mempelajari bagaimana dapat memperkuat presence mereka melalui medsos dan kiat-kiat mempengaruhi opini publik secara positif dan konstruktif.

Pembicara
Shafiq Pontoh, Chief Strategic Officer, Provetic
Arif Aziz, Country Director, Change.org (TBC)
Tri, Redaktur, Opini.id

Moderator
Milly, Sekretaris, DPW PSI DKI Jakarta

 

4. Political Branding

Untuk maju dalam kontestasi pemilihan umum, seorang politisi dan tim pendukungnya harus dapat mengemas diri dengan baik agar dapat diterima oleh masyarakat. Workshop ini bertujuan memberikan gambaran tentang proses kampanye, dan hal apa saja yang seorang politisi harus perhatikan dalam melakukan branding terhadap dirinya, partainya, dan juga perjuangannya. Bagi kader PSI, ilmu memposisikan diri ini sangat relevan mengingat PSI adalah partai baru yang masih berusaha meningkatkan popularitas, likabilitas, dan elektabilitas.

Pembicara
Hasan Nasbi, Chief Executive Officer, Cyrus Network

Moderator
Michael Carlo, Ketua, DPD PSI Jakarta Pusat

 

5. Grassroots Organizing

Beberapa tahun ini, muncul fenomena gerakan relawan di Indonesia yang berhasil mendorong politisi dan pemimpin baik untuk menduduki posisi penting di pemerintahan. Mulai dari sosok Joko Widodo, Tri Rismaharini, Ridwan Kamil, dan Nurdin Abdullah, semakin banyak tokoh yang tidak berasal dari elit politik namun tetap mendapat dukungan kuat masyarakat akar rumput. Tentunya fenomena relawan akar rumput ini bukan hanya muncul di ranah politik, tetapi semakin banyak gerakan lahir dengan mengandalkan partisipasi publik dan jaringan komunitas-komunitas untuk memperjuangkan suatu visi dan idealisme. Di workshop ini, peserta akan mendengar pengalaman dari praktisi yang sukses mendirikan dan menjalankan organisasi yang berbasis massa dan bergerak dari bawah ke atas (bottom-up).

Pembicara
RM Randi Rahardyan, Direktur, Sinergi Muda
Amalia Ayuningtyas, Pendiri dan Koordinator, Teman Ahok

Moderator
Farid Sofyan, Ketua, DPD PSI Jakarta Barat

[/et_pb_accordion_item][et_pb_accordion_item title=”14:15-15:00 • Workshop 2: Materi Substantif “]

1. Tech Start-Up

Perkembangan pesat teknologi di dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat telah membuka peluang untuk lahirnya berbagai start-up baru di Indonesia. Walau banyak dari start-up tersebut kesulitan mendapatkan pangsa pasar dan pengguna setia, ada juga sebagian yang meraih sukses hingga merambah ke mancanegara dan mendapat dukungan investasi besar dari dalam dan luar negeri. Peserta workshop akan dapat mempelajari dinamika dunia start-up di Indonesia sekarang ini dan juga mendengarkan panelis berbagi ide-ide dan inovasi mutakhir yang sedang dikembangkan.

Pembicara
Derianto Kusuma, Chief Technology Officer, Traveloka (TBC)
Ellen Nio, Former Chief of Staff, Jakarta Smart City

Moderator
Ongky Raharja, Ketua, DPD PSI Jakarta Utara

 

2. Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial di Jakarta masih tergolong tinggi, dan banyak masyarakat kurang mampu yang belum memiliki akses ke jaminan kesehatan, pendidikan dan tempat tinggal yang layak. Bagaimana anak muda dapat membantu dalam mengurangi kesenjangan sosial di Jakarta dan kebijakan-kebijakan seperti apa yang harus didukung oleh masyarakat, LSM, bahkan praktisi politik dalam mengamalkan keadilan sosial?

Pembicara
Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)
The Jak Mania (TBC)

Moderator
Maeky Robiko, Ketua, DPD Kepulauan Seribu

 

3. Pemberantasan Korupsi

Korupsi adalah masalah lama yang masih belum terselesaikan di Jakarta dan Indonesia. Seberapa besar tingkat korupsi di Jakarta dan berapa besar nilai kerugian kita? Bagaimana mengidentifikasi kegiatan korupsi dalam perencanaan dan pelaksanaan anggaran, dan apa peran kita dalam mencegah dan memeranginya?

Pembicara
Ade Irawan, Wakil Koordinator, Indonesia Corruption Watch (ICW)
Sahala Nainggolan, Deputi Pencegahan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (TBC)
Transparency International (TI) Indonesia (TBC)

Moderator
Rian Ernest, Wakil Ketua, DPW PSI DKI Jakarta

 

4. Tata Ruang Jakarta

Sebagai kota metropolitan, pertumbuhan penduduk Jakarta yang begitu pesat disertai dengan kemajuan ekonomi memerlukan tata ruang yang tepat. Mengurai permasalahan tata ruang tidaklah mudah, karena pembangunan yang telah terjadi sering kali tidak disertai dengan penguatan kehidupan sosial. Kritik terhadap kesenjangan sosial di Jakarta juga sering menggunakan dialektika yang menghimpit si kaya dan miskin. Bagaimanakah bentuk tata ruang yang ideal untuk Jakarta? Bagaimana memperbaiki tata ruang yang sudah terlanjur berantakan? Apa solusi untuk memastikan pembangunan yang adil, baik untuk masyarakat kecil dan juga untuk pelaku usaha?

Pembicara
Benni Agus Candra, Kepala Dinas, Dinas Tata Ruang DKI Jakarta
Ardzuna Sinaga, Associate Director, Aecom Indonesia

Moderator
Idris Ahmad, Ketua Kawal Jakarta PSI

 

5. Toleransi & Keberagaman

Indonesia adalah negara dengan suku bangsa dan bahasa yang sangat beragam dan Jakarta sebagai ibukota menjadi pusat berkumpul bagi berbagai orang dari latar belakang yang berbeda tersebut. Karenanya, toleransi dan solidaritas menjadi penting untuk dijunjung tinggi. Bagaimana keberagaman tersebut dapat memperkaya bangsa kita dan bukan memecahnya? Bagaimana memupuk sifat toleransi yang benar kepada anak muda?

Pembicara
Matius Ho, Direktur Eksekutif, Leimena Institute (TBC)
Yenny Wahid, Direktur Eksekutif, Wahid Institute (TBC)
Panji Surya T. Sahetapy, Tokoh Pemuda

Moderator
Anggara Wicitra, Ketua, DPD PSI Jakarta Selatan

[/et_pb_accordion_item][et_pb_accordion_item title=”15:00-16:00 • Pidato Puncak “]

Proses dan Tata Cara Verifikasi menjelang Pemilu 2019

Bagaimana proses verifikasi partai baru?
Aturan apa saja yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan kampanye pemilu 2019?
Bagaimana partai dan para caleg dapat menjaga integritas pemilu 2019?
Ketua KPUD DKI Jakarta akan membagikan pengetahuan dan informasi seputar persiapan penyelenggaraan Pemilu di Provinsi DKI Jakarta.

Pembicara:
Drs. Sumarno M.S., Ketua, KPUD DKI Jakarta

 

Ideologi PSI

Ketua Umum DPP PSI menjabarkan nilai-nilai yang diperjuangan PSI sebagai Partai yang terbuka dan progresif.

Pembicara:
Grace Natalie, Ketua Umum, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI

 

Rencana Kerja 2017-2018

Ketua DPW PSI DKI Jakarta memaparkan rencana kerja DPW PSI DKI Jakarta untuk satu tahun kedepan dan menyatakan DPW PSI DKI Jakarta siap verifikasi dan mengikuti Pemilu 2019.

Pembicara:
Michael V. Sianipar, Ketua, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta

[/et_pb_accordion_item]

[/et_pb_accordion][et_pb_cta admin_label=”Call To Action” title=”Yuk daftar jadi peserta Kopdarwil 2017!” button_url=”https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSexkKsrARCeKDeEepVMrj6Td8nLsErZ1unWPBF94xPUt1Nr1Q/viewform” url_new_window=”off” button_text=”Daftarkan saya” use_background_color=”on” background_color=”#e50012″ background_layout=”dark” text_orientation=”center” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid” custom_button=”off” button_letter_spacing=”0″ button_use_icon=”default” button_icon_placement=”right” button_on_hover=”on” button_letter_spacing_hover=”0″ saved_tabs=”all”]

[/et_pb_cta][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]