Lowongan Terbuka Calon ‘Wakil Rakyat’ Bagi Anak Muda Yang Profesional dan Kompeten

JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia membuka “Lowongan Terbuka Calon Legislatif untuk wilayah DKI Jakarta”. Lowongan ini akan di luncurkan dengan tajuk “Seleksi Terbuka Calon Legislatif PSI DKI Jakarta” yang diadakan pada Jumat, 8 September 2017 pukul 19.00 di kantor DPW PSI Jakarta.

Lowongan Terbuka ini merupakan sikap PSI DKI Jakarta akan kinerja DPRD dan DPR belum menunjukkan progresifitas. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai, DPR periode 2014-2019 memiliki kinerja terburuk selama pasca Reformasi. DPR dinilai tidak memiliki keseriusan dalam pemberantasan korupsi, bahkan anggotanya justru terjerat kasus korupsi.

Dari 50 rancangan undang-undang yang dijadwalkan rampung tahun 2017 saja, baru 17 undang-undang yang disahkan DPR. Kedepannya, tentu kita ingin DPRD dan DPR jauh lebih baik dan diisi oleh generasi baru yang berkompeten di bidangnya serta berdedikasi tinggi dalam melayani rakyat.

Partai Solidaritas Indonesia manyadari dibutuhkannya sistem baru yang mengedepankan partisipasi masyarakat luas untuk ikut menyeleksi juga memberikan peluang bagi orang-orang cerdas untuk masuk ke pemerintahan.

Masyarakat luas seperti kalangan profesional yang merasa memiliki kemampuan mumpuni bisa mendaftarkan diri. Masyarakat juga bisa merekomendasikan orang yang kompeten dan dirasa berkualitas untuk menduduki jabatan sebagai wakil rakyat di pemerintahan.

“Reformasi seleksi caleg parpol juga harus di laksanakan. Di mulai dengan masuknya kalangan profesional muda yang cerdas dan ahli di bidangnya, serta memiliki dedikasi untuk memberdayakan masyarakat. Orang-orang ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pemerintahan Indonesia terutama Ibukota.” terang Michael Victor Sianipar, selaku Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia DKI Jakarta.

Menurut Michael, jika anak muda profesional dan kompeten enggan masuk ke politik dan pemerintahan, maka kita akan tetap melihat kertas suara dengan wajah-wajah orang yang tidak dikenal saat Pemilu. Masyarakat seperti kita bahkan tidak tahu seperti apa latar belakang caleg dan bagaimana kualitasnya secara profesional.

“Jangan heran, mereka yang duduk di DPRD dan DPR bukanlah wakil rakyat ideal bagi masyarakat.” ungkap Michael menambahkan.

Di negara demokratis seperti Indonesia, sebagai warga negara kita memiliki hak untuk memilih anggota parlemen atau “wakil rakyat” yang diwujudkan lewat pemilihan umum. Ketika berhasil menduduki kursi legislatif, para wakil rakyat tersebut wajib menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi rakyat; merancang undang-undang; serta memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan (dapil)-nya.

Untuk itu, ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 nanti merupakan hal yang penting. Di sini, masyarakat harus terlibat dalam menyeleksi “wakil rakyat” yang nantinya akan membuat kebijakan dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat lewat program pembangunan yang di bawa. Wakil rakyat yang profesional, cerdas, berdedikasi untuk melayani publik, sangat dibutuhkan bagi bangsa ini.

“Sudah saatnya kita sebagai warga negara bantu terlibat dalam seleksi caleg ini. Agar setiap orang yang diusung oleh wakil rakyat adalah orang-orang terbaik.” ungkap Tsamara Amany, Ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Solidaritas Indonesia, yang juga turut hadir membuka acara tersebut.

Penutupan “Seleksi Terbuka Calon Legislatif PSI DKI Jakarta” ini jatuh pada 27 Oktober 2017. Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dan merekomendasikan orang lain, bisa langsung mendaftar di link: jakarta.psi.id.

Narahubung:
Neildeva Despendya P
Public Relations PSI Jakarta
neildeva@psi.id
0878 7820 

 

Tahapan Pendaftaran

“Lowongan Terbuka Calon ‘Wakil Rakyat’ PSI Jakarta”
Pendaftaran : 27 Agt – 27 Okt 2017
Evaluasi Dokumen oleh DPP,  DPW,  dan DPD : 1-29 Okt 2017
Pengumuman Kelolosan Caleg : 30 Okt 2017

EVALUASI KOMPETENSI
Interview dengan komite : 1-15 Nov 2017
Penghitungan nilai interview : 17-23 Nov 2017
Pengumuman Kelolosan Caleg : 24-25 Nov 2017

EVALUASI  SOSIALISASI (UJI PUBLIK)
Offline dan Online di Dapil oleh masyarakat : 1 Des  2017 – 31 Jan 2018
Perhitungan Nilai : 1-11 Feb 2018
Pengumuman : 12-18 Feb 2018
Penetapan Caleg/No urut : 19-25 Feb 2018.