JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta baru saja meluncurkan program “Lowongan Terbuka Calon Wakil Rakyat” untuk tingkat DPRD dan DPR pada Jumat malam, 8 September 2017. Peluncuran seleksi calon legislatif ini dilakukan secara terbuka, siapapun bisa ikut dan masyarakat luas bisa ikut terlibat.

Bagi anak muda yang cerdas, profesional, dan berdedikasi tinggi untuk melayani publik, diharapkan bisa ikut ambil langkah kongkret di politik dengan menjadi caleg PSI Jakarta.

“Partai politik berfungsi sebagai ‘produsen’ pemimpin-pemimpin berkompeten yang nantinya duduk di ranah legistlatif seperti DPRD dan DPR. Sehingga kebijakan yang dibuat bisa progresif, sesuai dengan perkembangan masyarakat.” ungkap Michael Victor Sianipar (26), Ketua PSI DKI Jakarta.

“Untuk itu, PSI membuka lowongan seluas-luasnya bagi anak muda hebat di Jakarta untuk bersama-sama membuat perubahan di politik.” lanjut anak muda lulusan Ilmu Politik Yonsei University Korea tersebut.

Berbeda dengan partai lain, PSI Jakarta melibatkan masyarakat luas untuk ikut menilai caleg dan mengawasi proses penilaian caleg. Masyarakat akan berpartisipasi di “Uji Publik”, ajang penilaian caleg sehingga caleg yang diusung oleh PSI Jakarta benar-benar berkualitas.

Selain “Uji Publik”, masyarakat juga diajak merekomendasikan nama calon “wakil rakyat” yang dianggap mumpuni dalam memimpin Jakarta dan Indonesia.

“Kita dari dulu nggak paham sistem penilaian caleg di internal parpol seperti apa. Tiba-tiba, saat pemiliham umum kita disuguhkan banyak nama yang kita tidak tau seperti apa kualitasnya. Sekarang, sudah saatnya kita sebagai warga negara mengusung wakil rakyat pilihan kita sendiri. Sudah saatnya kita sebagai warga negara bantu terlibat dalam seleksi. Agar setiap orang yang diusung oleh wakil rakyat adalah orang-orang terbaik.” ungkap Tsamara Amany, Ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Solidaritas Indonesia, yang juga turut hadir membuka acara tersebut.

Untuk mengubah wajah politik Indonesia, perlu ada sistem yang terbuka di mana masyarakat bisa ikut memilih dari awal pembukaan seleksi, menilai kualitas caleg, merekomendasikan wakil rakyat pilihannya untuk menjadi caleg usungan parpol. Sebelum PSI Jakarta mengumumkan caleg yang akan bertarung di 2019 nanti, para caleg tersebut akan dinilai langsung secara internal dan eksternal (publik).

Masyarakat luas juga diajak untuk memperjuangkan wakil rakyat idealnya dengan melakukan “Patungan Rakyat” — patungan untuk mendanai kampanye caleg PSI Jakarta pada tanggal 17 September 2017. Sehingga orang-orang hebat dan berdedikasi tidak lagi ragu untuk memimpin, karena sudah ada “kendaraan” yang kita persiapkan bersama-sama.

Penutupan “Seleksi Terbuka Calon Legislatif PSI DKI Jakarta” ini jatuh pada 27 Oktober 2017. Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dan merekomendasikan orang lain, bisa langsung mendaftar di link: jakarta.psi.id.

Narahubung:
Neildeva Despendya P
Public Relations PSI Jakarta
neildeva@psi.id
0878 7820 

 

Tahapan Pendaftaran

“Lowongan Terbuka Calon ‘Wakil Rakyat’ PSI Jakarta”
Pendaftaran : 27 Agt – 27 Okt 2017
Evaluasi Dokumen oleh DPP,  DPW,  dan DPD : 1-29 Okt 2017
Pengumuman Kelolosan Caleg : 30 Okt 2017

EVALUASI KOMPETENSI
Interview dengan komite : 1-15 Nov 2017
Penghitungan nilai interview : 17-23 Nov 2017
Pengumuman Kelolosan Caleg : 24-25 Nov 2017

EVALUASI  SOSIALISASI (UJI PUBLIK)
Offline dan Online di Dapil oleh masyarakat : 1 Des  2017 – 31 Jan 2018
Perhitungan Nilai : 1-11 Feb 2018
Pengumuman : 12-18 Feb 2018
Penetapan Caleg/No urut : 19-25 Feb 2018.