Program Magang PSI Jakarta

Program Magang PSI Jakarta

Juni – Agustus 2019

 

1. Latar Belakang

Dalam partisipasi di pemilihan umum perdananya, Partai Solidaritas Indonesia berhasil mengantongi 400.000 lebih suara di Ibukota dan menempatkan delapan Anggota DPRD Terpilih di Jakarta masa jabatan 2019 – 2024. Dengan mengangkat isu sentral pemberantasan korupsi dan intoleransi, PSI bertekad untuk menghadirkan institusi partai politik yang profesional, terbuka, dan akuntabel. PSI menyadari pentingnya keberadaan gerakan pembaharuan dengan mengajak dan mendukung orang baik masuk ke dalam sistem politik. DKI Jakarta menjadi panggung besar bagi PSI untuk membuktikan bahwa orang baik bisa berkiprah di dunia politik dengan tetap menjaga integritas, membawa perubahan besar, dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga legislatif kita.

Saat ini, PSI Jakarta sedang menyusun strategi, prioritas kerja, dan rangkaian persiapan lainnya untuk memaksimalkan peran perwakilan para Anggota DPRD Terpilih kelak setelah dilantik. Tujuan dari Program Magang PSI Jakarta adalah untuk melibatkan anak-anak muda dalam memastikan Anggota DPRD Terpilih dari PSI akan mampu langsung bekerja efektif dan turun ke masyarakat begitu dilantik di akhir Agustus. Segenap persiapan membutuhkan pemikiran dan perencanaan matang, dan perlu ditopang dengan ide brilian dan semangat lebih banyak lagi muda-mudi Ibukota.

Peserta program akan mendapat kesempatan berinteraksi dan berdiskusi dengan segenap pengurus PSI dan para Anggota DPRD Terpilih untuk membantu merumuskan arah PSI Jakarta ke depan. Peserta akan dapat mengasah kemampuan analisa, soft skills, pemahaman institusi negara, dan membangun jaringan yang akan bermanfaat ke depan, dengan turut bersumbangsih bagi pembangunan Ibukota melalui PSI.

Durasi program adalah 2,5 bulan.

 

2. Tahapan Program

I. Seleksi

Pembukaan Pendaftaran : 17 Mei 2019
Penutupan Pendaftaran : 9 Juni 2019
Pengumuman Administrasi : 10 Juni 2019
Pelaksanaan Wawancara : 11 – 13 Juni 2019
Pengumuman Wawancara : 14 Juni 2019

II. Pelaksanaan Program

Mulai Program : 24 Juni 2019
Akhir Program : 30 Agustus 2019

 

3. Area Program Magang PSI Jakarta

Ada pun area fokus yang dapat dikerjakan oleh peserta adalah sebagai berikut:

A. Pelayanan Konstituen dan Komunitas

Tugas utama anggota DPRD adalah melayani masyarakat. Warga Jakarta terdiri dari berbagai kalangan dan komunitas dengan latar belakang sosial ekonomi, suku, agama, profesi, dan hobi yang berbeda-beda. Peserta magang di area ini akan membantu Anggota Terpilih untuk mengidentifikasi dan memetakan komunitas-komunitas di Jakarta dan membantu para Anggota Terpilih berinteraksi dengan publik dan memperkuat inventarisir permasalahan lapangan, memberikan bantuan hukum dan advokasi, dan menyaring aspirasi yang akan menjadi masukan dalam perumusan prioritas kerja Fraksi Solidaritas Indonesia ke depan.

B. Analisa Platform, Kebijakan, dan APBD

Dalam menjalankan tugasnya DPRD memiliki fungsi Anggaran, Legislasi, dan Pengawasan. Anggota Terpilih harus segera memahami informasi dan mempelajari perkembangan isu-isu prioritas Gubernur dan jajarannya guna menjadi sparring partner yang efektif dan kredibel. Peserta magang di area ini akan membantu Anggota Terpilih dan Tim Ahli Fraksi Solidaritas Indonesia untuk menganalisa kebijakan dan anggaran Pemprov DKI Jakarta dan menyiapkan tandingan analisa dan pandangan dalam bentuk Platform PSI Jakarta yang akan menjadi pegangan bagi Anggota Terpilih untuk memperjuangkan perbaikan kebijakan dan mengkritisi pemerintahan secara bertanggung jawab.

C. Komunikasi Publik dan Kehumasan

Hak istimewa DPRD adalah menyatakan pendapat dalam forum resmi pemerintahan. Sebagai perwakilan rakyat, anggota DPRD berhak serta bertanggung jawab untuk menyuarakan aspirasi dan mengkritisi kinerja pemerintahan. Fungsi DPRD sebagai penyambung lidah rakyat adalah sangat penting dan membutuhkan komunikasi dua arah baik dari anggota DPRD dan publik. Peserta magang di area ini akan membantu menajamkan strategi komunikasi publik dan kehumasan untuk bisa menyerap aspirasi publik dan juga memaksimalkan diseminasi sikap dan posisi perjuangan PSI di Jakarta kepada masyarakat luas.

D. Pengembangan Teknologi

Pemerintahan yang baik hanya bisa diwujudkan dengan cara kerja yang efektif, efisien, dan terukur. Perkembangan teknologi seharusnya menjadi kunci utama dalam reformasi birokrasi. PSI Jakarta sedang menyiapkan Aplikasi Solidaritas yang akan menjadi mekanisme bagi publik dapat mengetahui, mengamati, dan menilai sepak terjang dan kinerja dari para anggota DPRD dari PSI. Peserta magang di area ini akan membantu pengembangan aplikasi dan terobosan-terobosan lainnya yang berbasis tekonologi dan data dan akan diterapkan secara internal di PSI Jakarta.

E. Struktur dan Operasional Organisasi

Kekuatan institusi partai politik dalam mewakili dan mengedukasi masyarakat bergantung pada kemantapan struktur dan organisasi. Setelah selesai melewati pemilihan umum perdana, PSI Jakarta berencana mengevaluasi dan mengembangkan peran struktur dan organisasi yang akan lebih mantap mewakili bukan hanya 400.000 pemilih PSI di Jakarta, tetapi juga dapat menjangkau seluruh pelosok Jakarta. Peserta magang di area ini akan membantu Pimpinan PSI Jakarta dalam mengevaluasi organisasi, melakukan benchmarking dengan institusi partai lain baik di dalam dan luar negeri, menyusun kode etik serta SOP organisasi, dan merumuskan sistem meritokrasi organisasi partai politik yang mampu mengkader anggotanya dan melibatkan partisipasi publik yang lebih luas ke dalam institusi PSI di Jakarta.

 

4. Kriteria Peserta

Beberapa kriteria yang diharapkan dari peserta Program Magang PSI Jakarta adalah:

  • Pelajar ataupun profesional muda yang memiliki motivasi tinggi,
  • Usia 17 – 35 tahun,
  • Kemampuan analisa dan komunikasi yang baik,
  • Potensi kepemimpinan,
  • Minat untuk berkontribusi bagi kemajuan daerah dan bangsa,
  • Dapat bekerja mandiri dan memiliki semangat proaktif,
  • Bersedia bekerja secara sukarela.

 

5. Persyaratan Dokumen

Untuk kelengkapan proses administrasi di tahap pertama seleksi, peminat perlu melengkapi dokumen sebagai berikut selambat-lambatnya tanggal 9 Juni 2019:

  • Resume / CV (tidak lebih dari dua halaman)
  • Cover Letter
  • Essay* (maksimum 500 kata)
  • Transkrip Nilai (opsional)
  • Surat Rekomendasi (opsional)

*Topik essay dapat mengenai isu pembangunan Jakarta, alasan ketertarikan terlibat di organisasi politik, tentang PSI sendiri, atau lainnya yang dirasa dapat memberikan gambaran tentang ketajaman dan perspektif cara berpikir pendaftar.

6. Penutup

Karena keterbatasan anggaran, Program Magang PSI Jakarta bersifat sukarela. Pertanyaan atau permohonan penjelasan mengenai program ini dapat Anda sampaikan ke Koordinator Program Elva Farhi Qolbina di 0856-9807-908.

Aplikasi yang sudah siap dan lengkap dapat dikirim ke:
dpwdkijakarta@psi.id dengan format:

(Nama depan)(Nama belakang)_Aplikasi Magang PSI Jakarta_(Kategori pilihan)

contoh: ElvaQolbina_Aplikasi Magang PSI Jakarta_Kategori A

Keputusan Tim Seleksi adalah bersifat final dan mutlak.