Penggalangan Dana Parpol Publik Untuk PSI Tembus 414 Juta

Jakarta — Demi mendorong publik terlibat untuk memiliki “saham” politik, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kembali mengadakan penggalangan dana akbar bertajuk “Patungan Rakyat” pada Sabtu sore (30/9) di Balai Kartini, Jakarta. Total dana yang terkumpul mencapai 414 juta Rupiah dari 258 kontributor.

Patungan Rakyat dihadiri oleh kader dan pengurus PSI seperti Grace Natalie, Isyana Bagoes Oka, Guntur Romli, Rian Ernest Tanudjaja, dan Michael Victor Sianipar. Patungan Rakyat memang menjadi salah satu program kerja penting PSI untuk mengembalikan energi baru dalam politik.

“Ketika ditanya, memang boleh ya parpol menggalang dana publik? Harusnya kita bertanya kepada parpol yang sekarang ada: selama ini mereka mendapatkan dana dari mana? PSI terbuka mengajak semua masyarakat patungan. Laporan keuangan kami bisa di akses oleh semua orang lewat website.” ungkap Anthony Wonsono, ketua pelaksana Patungan Rakyat PSI, lewat sambutan pembukaan Patungan Rakyat.
Penggalangan dana PSI terutama ditujukan untuk membantu caleg-caleg PSI berkampanye dalam Pemilu 2019 sekaligus mencegah praktek korupsi ketika sudah menjabat sebagai wakil rakyat.

Harapannya, para caleg PSI terbantu dalam segi pendanaan politik. Karena bagi PSI, akar permasalahan korupsi adalah masalah mahalnya pendanaan politik mulai dari praktik mahar sampai biaya kampanye.

“Kalau kita lihat, banyak politisi yang untuk kampanye saja harus menggunakan harta pribadi bahkan rela berhutang. Ketika terpilih, ya otomatis mereka akan mencari cara untuk balik modal. Belum lagi pungutan operasional partai. Ini memberatkan. Untuk itu, bagi PSI akar dari korupsi ya justru karena pendanaan politik itu sendiri.” pungkas Grace Natalie, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia.

“Kekuasaan politik harus kembali kepada marwahnya, membuat kebijakan-kebijakan politis yang berguna bagi kehidupan masyarakat. Bukannya merampok kepercayaan dan uang rakyat.” lanjut Grace.

“Kami dari PSI sangat senang dan bangga. Ternyata, masih banyak masyarakat yang peduli akan perbaikan politik kita. Patungan Rakyat PSI akan diadakan tiga bulan sekali, konsepnya akan berupa gala dinner seperti ini sampai berupa ‘saweran’ rakyat di kampung-kampung warga.” jelas Neildeva Despendya, selaku juru bicara dari DPW PSI DKI Jakarta.

PSI masih mengajak publik seluas-luasnya untuk ikut patungan. Jika publik ingin berdonasi, bisa secara online lewat website jakarta.psi.id. Kontributor juga wajibkan menandatangani surat pernyataan Komisi Pemilihan Umum (KPU).