Tsamara Amany (kiri), Milly (tengah), dan Michael Sianipar (kanan), kader muda PSI di acara pembukaan seleksi caleg PSI Jakarta (Minggu. 17 September 2017)

 

JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Wilayah DKI Jakarta akan menggelar acara penggalangan dana partai politik hari Minggu (17/9) besok. Penggalangan dana yang terbuka untuk publik tersebut bernama “Patungan Rakyat”.

“Banyak yang heran, kok parpol ngajak patungan? Kegiatan ini memang sengaja diadakan untuk memberikan rasa kepemilikan (ownership) kepada publik dalam hal membantu mewujudkan cita-cita politik yang bersih. Agar ‘orang-orang baik’ bisa berkompetisi di ranah politik tanpa dibebani pungutan partai.” jelas Michael Victor Sianipar selaku ketua DPW PSI Jakarta.

Patungan Rakyat merupakan kegiatan pendanaan partai politik yang partisipatif oleh masyarakat, untuk membantu caleg idaman publik duduk di politik. Kegiatan penggalangan dana ini pertama kalinya diadakan dalam sejarah partai politik Indonesia.

Langkah PSI Jakarta ini dilakukan atas dasar sikap PSI terhadap korupsi yang marak dilakukan oleh pejabat publik di DPR.

“Mungkin banyak masyarakat yang belum sadar bahwa salah satu akar masalah korupsi politik adalah soal pendanaan partai. Banyak wakil rakyat DPRD dan DPR yang masih dibebani oleh ‘pungutan partai’. Ini membuat potensi korupsi dari uang rakyat meningkat. Jika kita perhatikan, semakin dekat dengan Pemilu, terungkap juga kasus korupsi besar seperti kasus korupsi e-KTP dan proyek Hambalang.” jelas Rian Ernest, wakil ketua DPW PSI Jakarta.

Patungan Rakyat merupakan salah satu cara PSI Jakarta untuk mengajak masyarakat ambil andil dalam mengubah wajah baru politik. Sehingga masyarakat bisa benar-benar terlibat dalam proses pengusungan calon wakil rakyat oleh PSI. Setiap orang yang datang dikenakan donasi sebesar Rp. 200.000,00. Donasi ini berlaku baik untuk kontributor, pengurus, anggota, dan relawan PSI Jakarta.

Narahubung:

Neildeva Despendya P

Public Relations PSI Jakarta

neildeva@psi.id

0878 7820 3773