Banjir Kritik Soal Kerumunan DKI Bakal Hentikan Sementara CFD

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Sholeh membenarkan ada rencana penghentian sementara kegiatan car free day atau CFD di Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin pada Ahad, 28 Juni 2020. “Sedang dirapatkan dulu di Dinas. Sekarang kami sedang rapat pimpinan,” kata Sholeh melalui pesan singkat, Rabu, 24 Juni 2020.

Pemerintah Provinsi DKI sebelumnya telah membuka lagi kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Sudirman-M.H. Thamrin pada Ahad, 21 Juni 2020.

Ternyata pengunjung CFD membeludak. Direktur Rujak Centre for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja, menyoroti keramaian warga di kegiatan car free day (CFD), Ahad kemarin.

Elisa menyarankan Pemprov DKI mengevaluasi penyelenggaraan CFD. Ia meminta agar pemerintah menyebar kegiatan serupa di banyak kawasan agar tak terkonsentrasi di satu titik.

“Besok-besok Jakarta kalau mau CFD-an tiru saja Paris: CFD di sebagian wilayah kota. Di Paris, panjang jalan yg ditutup capai 650 km. Ini juga bisa bantu ngurai kepadatan orang plus bikin orang gak perlu terlalu jauh untuk capai lokasi CFD,” cuit Elisa di akun twitternya @elisa_jkt, Ahad lalu.

Menurut dia, pelaksanaan CFD sebenarnya tidak terlalu bermasalah di tengah PSBB transisi dan virus yang masih mewabah asal menerapkan protokol kesehatan. Sebab, ia menilai, pelaksanaan CFD dilakukan di ruang terbuka yang tidak lembab dan ventilasi udara yang maksimal. “Masih memungkinkan untuk menjaga jarak serta tidak intensitas tinggi,” ujarnya.

Ia menilai perjalanan orang menuju lokasi CFD yang menjadi satu tempat maka pemerintah bisa menyebar lokasi olahraga di jalan di setiap wilayah. “Intinya kurangi semaksimal mungkin niat orang untuk melakukan perjalanan yang gak perlu. Minggu depan perlu diperbanyak lokasi CFD & tersebar,” kata Elisa.

Membludaknya warga yang mendatangi pembukaan perdana CFD menjadi sorotan netizen. Bahkan netizen mengubah akronim CFD menjadi Corona Free Day. “Pa, CFD jangan dibuka dulu Pa. Ngeri lihatnya. Takut jadi Corona Free Day,” tulis @DeDenSunandar55.

Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian, ikut mendesak Pemerintah DKI menghentikan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD). Justin berujar CFD justru memicu kerumunan warga di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

“Apa urgensi pembukaan kembali CFD? Pemprov DKI harusnya mendorong masyarakat berolahraga di sekitaran rumah dengan jaga jarak,” kata Justin dalam keterangan tertulis, Senin, 22 Juni 2020.

Menurut dia, Pemerintah DKI seharusnya tidak membuat kebijakan yang menimbulkan kerumunan massa di tempat umum. Sebab, situasi Jakarta saat ini belum sepenuhnya bebas dari virus corona.

Menanggapi kritikan itu Gubernur Anies Baswedan berjanji akan mengevaluasi pelaksanaan CFD. “Nanti malam akan kami evaluasi HBKB (hari bebas kendaraan bermotor). Dari situ kami akan kabarkan apa yang akan dikerjakan,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn