Interpelasi Anies, PSI Harap Jadi Gerakan Bersama

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menggalang kekuatan untuk meminta hak interpelasi atas penilaian tidak maksimalnya penanggulangan banjir di DKI Jakarta.

“Kami yakin partai-partai lain juga mengakui penanganan banjir selama ini oleh Pak Gubernur sangat tidak maksimal. Bagi partai-partai yang memiliki pandangan serupa, kami harap ini (interpelasi) bisa jadi gerakan bersama yang kuat di DPRD,” kata Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, seperti dilansir kompas, Kamis (25/2/2021).

Justin berharap, hak interpelasi yang digulirkan PSI mendapat dukungan dari fraksi partai lainnya di DPRD DKI Jakarta.

Interpelasi ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena dianggap tidak memiliki arah yang jelas terkait kebijakan pengendalian banjir Jakarta.

Justin mengutarakan, akan menagih penjelasan gamblang penanganan banjir Jakarta dari Anies jika interpelasi dijalankan.

“Hak interpelasi ini kami gulirkan demi kemanusiaan, dan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta,” kata Justin.

Sebelumnya, Justin mengatakan, PSI mengambil langkah menggulirkan hak interpelasi karena Anies dinilai tidak serius dan sengaja menghambat kerja pencegahan banjir.

“Interpelasi ini kami ambil sebagai jalan konstitusional terakhir,” imbuhnya.

Hak interpelasi tidak bisa dilakukan oleh satu fraksi saja, melainkan harus diikuti oleh lebih dari satu partai dan beranggotakan 15 anggota DPRD.

PSI hanya memiliki delapan kursi di DPRD DKI Jakarta dan membutuhkan tujuh anggota DPRD dari fraksi yang berbeda untuk memuluskan pemanggilan Anies melalui interpelasi.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn