Kasus Covid-19 Melonjak, Fraksi PSI Minta Pemprov DKI Larang Anak Masuk Tempat Umum

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (F-PSI) DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad meminta Pemprov DKI Jakarta membuat atuan yang melarang anak-anak masuk ke tempat umum saat kasus Covid-19 melonjak seperti saat ini.

Larangan anak-anak masuk ke tempat umum diperlukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap anak.

“Kita harus melindungi hak hidup anak, dengan situasi zona merah di Jakarta saat ini, pergerakan anak-anak di tempat umum harus dibatasi,” kata Idris melalui keterangan tertulis, Selasa (22/6/2021).

Idris menyebutkan, selama ini kasus Covid-19 yang ditemukan pada anak dianggap rendah oleh Pemprov DKI Jakarta.

Ketika varian baru Covid-19 sudah masuk ke Jakarta, kasus terhadap anak sudah berbalik menjadi kasus yang cukup dominan.

“Selama ini banyak yang menganggap resiko Covid-19 pada anak-anak rendah. Tapi sekarang kondisi berubah, di Jakarta 1 dari 6 pasien Covid adalah anak-anak. Mereka menjadi rentan dan wajib dilindungi,” kata dia.

Anak-anak dinilai belum dapat bertanggung jawab dan melindungi diri sendiri, karena itu Idris meminta Pemprov DKI mengeluarkan kebijakan untuk melarang anak-anak memasuki tempat umum yang berpotensi terjadi kerumunan massa.

Tempat-tempat yang dinilai berisiko menyebabkan infeksi seperti tempat wisata, restoran, dan pusat perbelanjaan harus dibatasi dari anak-anak.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini menilai membatasi ruang gerak anak di tempat umum sebagai upaya mencegah penambahan kasus Covid-19 pada anak. Apalagi fasilitas kesehatan khusus anak masih terbatas.

“Anak-anak menjadi semakin rentan karenanya harus menjadi prioritas untuk mendapatkan perlindungan,” kata dia.

Angka penularan Covid-19 pada usia anak di Jakarta mengalami peningkatan. Pada hari Minggu lalu, tercatat 655 kasus Covid-19 ditemukan pada anak usia 5-18 tahun. Sebanyak 224 kasus lainnya menimpa anak usia 0-5 tahun atau balita.

Sumber : https://www.msn.com/id-id/berita/dunia/kasus-covid-19-melonjak-fraksi-psi-minta-pemprov-dki-larang-anak-masuk-tempat-umum/ar-AALjMPM?li=BB15J8Hi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn