Pemprov DKI DIminta Prioritaskan Program Penanganan Banjir

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memprioritaskan anggaran untuk penanganan banjir pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana menyatakan pada APBD 2019 anggaran penanganan banjir mencapai Rp 3.31 Triliun.

“Kami menilai Pemprov DKI Jakarta masih jauh dari maksimal dalam menangani banjir. Terlihat dengan serangkaian banjir beruntun yang terjadi di awal 2020,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, banjir awal tahun ini membawa dampak besar bagi perekonomian dan kehidupan warga DKI Jakarta. “Bahkan yang paling menyedihkan adalah banjir ini juga turut membawa korban jiwa,” kata Justin.

Karena itu, Fraksi PSI menilai Pemprov DKI Jakarta harus benar-benar memberikan kemampuan terbaiknya dalam penanganan bencana banjir di Ibukota.

Ia menyatakan, program seperti normalisasi sungai dan waduk, pembuatan tanggul untuk mengatasi banjir rob, perawatan rumah pompa dan pintu air, serta kesejahteraan petugas lapangan perlu mendapat perhatian lebih dari Pemprov DKI Jakarta.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, akan sangat membebani jika masyarakat masih harus berjuang menghadapi banjir. Selagi masih ada waktu, kami minta Pemprov DKI benar-benar menggunakan anggaran untuk program prioritas penanganan banjir yang memberikan dampak langsung yang nyata,” pungkasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn