Tanya & Jawab

[charityhome_vc_section_title heading_type=”h4″ title=”Frequently Asked Questions” alignment=”left” title_separator=”dotted” sep_alignment=”left” sep_skin=”grey”][/charityhome_vc_section_title]

Apa itu PSI?

Partai Solidaritas Indonesia atau disingkat PSI adalah partai politik baru. Partai yang membawa identitas DNA: kebajikan dan keragaman. PSI berpijak pada kesadaran, bahwa politik sejatinya adalah hal yang baik. Meski kini, kata “baik” dan “politik” lebih sering bersimpang jalan. PSI hadir untuk mendekatkan kembali politik kepada kebajikan.

Siapa di belakang PSI Jakarta?

PSI didirikan oleh sekelompok anak muda dan aktivis relawan yang sudah terlibat sejak 2012 dalam mendorong dan memenangkan tokoh-tokoh perubahan. Di Jakarta sendiri, sebagian besar pengurus PSI punya catatan pengalaman sebagai relawan pemenangan di tahun 2012, 2014, dan juga terakhir di 2017. Gerakan relawan ini adalah suatu fenomena baru di perpolitikan Indonesia, di mana semakin banyak anak muda disadarkan tentang pentingnya berpartisipasi aktif dan konstruktif dalam kontes demokrasi, demi mendapatkan tokoh terbaik bangsa sebagai pemimpin baik di level lokal dan nasional. Pada tahun 2014, kami menyadari pentingnya agar semangat perubahan di diri generasi milenial ini dapat tersalurkan, dan saat kami melihat sistem politik dan partai-partai yang ada, yang kami temukan adalah suatu sistem yang tertutup dan dikuasai oleh segelintir elit. Tidak ada partai yang benar-benar terbuka, progresif, dan modern. Dari situlah lahir PSI dan juga perwakilannya di Jakarta. Pengurus dan anggota PSI Jakarta datang dari berbagai latar belakang, mulai dari pengacara, profesional swasta, TV presenter, budayawan, teknokrat. Untuk mengenal lebih lanjut siapa saja kami, bro dan sis bisa membuka link di bawah ini: https://jakarta.psi.id/wajah-psi-jakarta/

Kenapa anak muda?

Karena anak muda punya semangat dan idealisme yang harusnya lebih besar daripada yang lebih tua. Reformasi yang terlaksana pada 1998 gagal membawa impian anak muda untuk perubahan. Bahkan sebagai contoh konkrit, anggota DPR periode 2014-2019 sekitar 61% berusia lebih dari 46 tahun. Kinerja legislasi yang jauh dari target serta kelakukan anggota DPR yang semakin jauh dari amanat rakyat menunjukkan bahwa sudah saatnya anak muda terjun berpolitik. Politik yang sehat dan bersih tentunya.

Peluang PSI di 2019?

Menuju 2019, PSI memiliki target untuk menempatkan 50 orang terbaiknya menjadi anggota DPR RI. Di Jakarta sendiri, DPW PSI menargetkan untuk memenangkan setidaknya 3 anggota DPR RI dari Dapil Jakarta dan juga mendapatkan 10 kursi di DPRD DKI Jakarta. Peluang PSI sangat besar karena kami merasakan keinginan kuat masyarakat, khususnya generasi muda, untuk melihat adanya perubahan dan budaya politik baru di Jakarta dan Indonesia. Survei juga menunjukkan bahwa hampir setengah penduduk Indonesia tidak memiliki preferensi partai politik sama sekali, yang berarti massa mengambang sebenarnya sangat banyak dan mayoritas masyarakat tidak puas dengan perwakilan mereka baik di DPR dan DPRD oleh partai-partai model lama yang sekarang memiliki kekuasaan. PSI sadar sebagai partai baru pasti akan menghadapi tantangan-tantangan besar, namun kami juga yakin bahwa ada segmen di tengah masyarakat, yang jumlahnya cukup signifikan, yang memiliki cita-cita dan harapan yang sama dengan yang kami miliki di PSI. Itulah target utama kami untuk dapat digalang dalam memenangkan PSI di 2019.

Bagaimana menjaga idealisme?

PSI Jakarta percaya bahwa idealisme dapat dijaga dengan cara mengupulkan orang-orang baik, berintegritas, dan visioner ke dalam suatu wadah. Mengutamakan integritas dan transparansi, dan menganjurkan komunikasi yang terbuka antara sesama kader PSI adalah nilai yang dipegang PSI Jakarta.

Di mana kantor PSI Jakarta?

Kantor DPW PSI Jakarta terletak di Jalan Petojo Melintang Nomor 20, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Bagaimana caranya bergabung?

Jika bro dan sis tertarik bergabung, dapat mendaftarkan diri ke kantor PSI terdekat atau melalui website PSI Jakarta. Klik di sini untuk lokasi kantor PSI terdekat.

Apa saja kegiatan DPW PSI Jakarta?

Kegiatan PSI terdiri dari aktivitas politik dan sosial dengan pendekatan yang partisipatif dan edukatif. Yang terutama adalah PSI Jakarta melakukan pendidikan politik dan kenegaraan, mulai dari melaksanakan seminar, diskusi publik, dan survei opini untuk membahas isu-isu terkini. Melalui diskusi ini, PSI Jakarta mematangkan platform dan program kerja yang akan diperjuangkan melalui Pemerintah Provinsi. Selain kegiatan politik dan advokasi, PSI juga melakukan kegiatan sosial melalui aktivitas olahraga dan seni untuk mendukung kehidupan bermasyarakat yang seimbang serta memberi ruang generasi muda dapat mengembangkan bakat dan kreatifitasnya. Untuk agenda kegiatan PSI, bro dan sis dapat lihat di link ini:

Mengapa sih dipanggil bro/sis?

Hal ini adalah salah satu cara PSI untuk menciptakan branding partainya sebagai partai anak muda sekaligus meminimalisir kesenjangan antara para anggotanya. Tidak ada sekat kepangkatan. Seorang Ketua Umum dan seorang anggota adalah sama di mata PSI, di mana semua saling memanggil bro dan sis untuk mengingatkan bahwa kita ini setara, memiliki hak dan kewajiban serta kesempatan yang sama dalam memberi kontribusi bagi masyarakat. PSI adalah milik bersama, bukan milik seorang Ketua Umum atau pejabat teras saja.

Apa yang PSI perjuangkan di Jakarta?

PSI Jakarta ingin memastikan Jakarta yang 1) anggarannya transparan dan bermanfaat bagi warganya, dan 2) merupakan rumah bagi seluruh warga, terlepas apapun latar belakangnya. PSI Jakarta ingin memperjuangkan politik akal sehat, tidak menggunakan praktek kotor, hasutan, memecah belah bangsa, menggoyang fondasi negara demi kekuasaan, ataupun menggunakan politik uang dalam mendapatkan suara. PSI Jakarta memperjuangkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan bagi diri mereka sendiri, suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat Jakarta, birokrasi yang bersih, transparan, dan profesional. PSI Jakarta memperjuangkan pemerintahan yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi warganya.

Dari mana sumber pendanaan PSI Jakarta?

PSI Jakarta mengandalkan pendanaan untuk operasional dan kegiatan partai sepenuhnya dari hasil patungan simpatisan PSI. Perbedaan terbesar partai yang progresif, modern, dan berpikiran maju dengan partai-partai model lama adalah dari sistem pendanaannya. Korupsi para pejabat dan politisi parpol juga berakar dari budaya pendanaan politik yang tidak transparan dan bertanggung jawab. Komitmen PSI terkait pendanaan jelas, yaitu pendanaan politik harus transparan, akuntabel, dan partisipatif. Kami mengajak bro dan sis yang meyakini perjuangan PSI untuk turut berpartisipasi dalam patungan ini. Demokrasi itu mahal, tidak ada kampanye yang tidak membutuhkan dana. Namun dalam menjalankan partai ini, anak-anak muda yang tergabung di PSI Jakarta berkomitmen untuk mandiri dan bergerak dengan mengandalkan crowdsourcing masyarakat. PSI Jakarta juga berkomitmen untuk mempublikasikan laporan keuangan kami secara berkala, sebagai wujud pertanggung jawaban kami kepada pendukung kami dan juga mengingatkan pendukung kami bahwa perjuangan ini membutuhkan pengorbanan dan kontribusi bersama untuk dapat maju terus. Tidak ada perjuangan yang gratis dan tanpa pengorbanan.

Apa perbedaan PSI dengan partai yang sudah ada selama ini?

Perbedaan terbesar PSI dari partai lainnya adalah PSI adalah partai yang terbuka. Artinya, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya di PSI dan untuk maju ke ranah publik dan berkompetisi di dalam pemilihan umum menggunakan kendaraan PSI. PSI bukan partai elit, PSI adalah partai kompetitif. Kami menerima ide, menganjurkan diskusi terbuka dan penyampaian pendapat. Tidak hanya itu, kami membuka pintu seluasnya agar generasi muda Indonesia bisa bergabung dengan PSI bahkan menjadi pengurus dan pemimpin di PSI melalui proses yang adil, bermartabat, dan terbuka. PSI lahir karena ingin mendobrak elitisme dan budaya korup yang merusak negeri ini, dan PSI berkomitmen untuk tidak menciptakan kalangan elit baru dan budaya korup tertutup seperti yang terjadi di tempat-tempat lain. Sebagai partai yang terbuka dan progresif, PSI akan selalu menyalakan lampu, supaya cahaya yang kami bawa ini menerangi tempat-tempat tergelap sekalipun, dan itu dimulai dari internal organisasi kami sendiri.

Kenapa harus jadi anggota?

Menjadi bagian dari anggota PSI sangat diperlukan karena PSI merupakan partai baru yang diisi dengan orang-orang baru yang baru juga bergabung dalam politik. PSI ingin mengisi dirinya dengan anak-anak muda yang masih memiliki idealisme yang sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa ini. Dengan bergabung menjadi anggota PSI kita bisa turut andil dalam memajukan bangsa indonesia dan merubah pola pikir masyarakat tentang politik yang kotor dan membosankan yang selama ini diisi dengan orang-orang tua saja.

Apa keuntungan dan tanggung jawab anggota DPW PSI Jakarta?

Menjadi bagian dalam gerakan perubahan untuk Jakarta yang lebih baik. Anggota PSI dituntut untuk berpikir progresif, terbuka, solider, serta berpartisipasi aktif dalam memajukan Jakarta

Bagaimana struktur PSI di jakarta?

Strukutur DPW PSI Jakarta, DPW adalah perwakilan PSI di level Provinsi (Ketua, 2 Wakil ketua, Sekertaris, Wakil sekertaris, Bendahara, Wakil bendahara), DPD adalah Perwakilan PSI di level kota madya/kabupaten ( Ketua, Wakil ketua, Sekertaris, Wakil sekertaris, Bendahara), DPC adalah perwakilan PSI di di level kecamtan (Ketua, Wakil Ketua, Bendahara).

Bagaimana menjadi caleg PSI?

PSI akan melakukan seleksi terbuka caleg pada bulan Agustus ini, di mana peminat dapat mendaftarkan diri untuk maju menjadi caleg di dalam pemilihan tingkat DPR ataupun DPRD. DPP PSI akan mengumumkan syarat dan ketentuan secara nasional. Di Jakarta sendiri, PSI sedang membentuk Pansel yang terdiri dari pemuda, akademisi, teknokrat, psikolog, serta konsultan, untuk menjaring bakal caleg secara objektif dan adil. Kemudian PSI Jakarta akan melakukan uji publik untuk melihat kandidat mana yang bukan hanya memiliki pemikiran dan rekam jejak baik, tapi mampu menginspirasi dan merepresentasikan lingkungannya. PSI Jakarta juga akan membuka kolom nominasi, jika bro dan sis ingin mengusulkan rekannya yang memiliki potensi menjadi pemimpin di Ibukota Jakarta.

Kenapa harus menjadi partai baru?

Merombak kontaminasi korupsi pada partai politik yang sudah ada, yang sudah berlangsung menahun dan lintas generasi merupakan hal yang tidak mudah, bahkan hampir mustahil. Lebih baik membuat kendaraan politik yang steril sejak awal, daripada menghabiskan waktu dan energi merubah suatu hal yang sudah mengakar dan menjangkiti semua pihak.

Apa itu Progresif, Terbuka dan Solidaritas?

Terbuka: semua bisa gabung dalam PSI tanpa membedakan suku, ras, dan agama ; Progresif: PSI menjadi partai yang hadir sengan solusi yang inovatif, implementatif dan bermanfaat.

PSI belum punya kursi bisa apa di Jakarta?

Dalam menjadi partai yang efektif, tentunya akses kekuasaan itu sangat penting. Dalam hal ini PSI realistis bahwa semua cita-cita perubahan, seperti transparansi, perayaan keberagaman, meritokrasi, birokrasi yang melayani, kebijakan yang memihak rakyat, dan lainnya, hanya bisa terwujud kalau pemerintahan dipimpin oleh orang-orang baik. Fokus utama PSI adalah mendengarkan aspirasi masyarakat kemudian merumuskannya menjadi suatu platform perjuangan. Inilah yang akan kami tawarkan untuk dipilih masyarakat di tahun 2019 nanti. Selama PSI belum memiliki kursi hingga 2019, PSI Jakarta tetap akan melakukan advokasi dan memainkan peran layaknya partai oposisi, namun melakukan kritik pengawalan terhadap kinerja dan kebijakan pemerintah secara objektif, berbasis data, dan konstruktif. PSI Jakarta tetap akan mengambil sikap dan posisi di dalam isu-isu penting di Jakarta, namun tentunya perjuangan utama kami adalah untuk bisa mendorong sikap tersebut melalui representasi di parlemen lokal dan nasional. PSI Jakarta harus memiliki keterwakilan di DPRD di tahun 2019 ke depan nanti.